Merk Susu Soya Untuk Bayi Yang Bagus Apa Saja?

Harga susu Soya - Memilih susu soya untuk bayi menjadi alternatif bagi bunda untuk memberikan nutrisi bagi buah hatinya yang intoleransi terhadap alergi protein susu sapi maupun laktosa. Salah satu produk susu soya untuk bayi adalah dari SGM yakni SGM Eksplor Soya.

Merk Susu Soya Untuk Bayi Yang Bagus

Formula susu soya sendiri terbuat dari protein kedelai serta bahan – bahan lainnya untuk kebutuhan nutrisi si kecil.
Sebelumnya, kandungan soya dalam susu untuk bayi dikawatirkan banyak ibu untuk buah hatinya.
Para ahli kesehatan juga tidak menyarankan untuk memberikan susu soya untuk bayi, terutama bagi bayi yang lahir prematur serta bayi yang lahir kurang dari 6 bulan. Hal ini dikarenakan, asupan ASI lebih diutamakan.
Namun adanya halangan terhadap supply ASI atau kelancaran keluarnya ASI membuat sebagian ibu memberikan susu formula lain, termasuk susu soya untuk bayi.

Amankah susu soya untuk bayi?

Beberapa tahun yang lalu, masih terjadi perdebatan akan susu soya yang diperuntukan untuk bayi. Salah satu penyebabnya adalah kandungan isoflavon.
Susu soya terbuat dari kedelai. Zat isoflavon terkandung pada kedelai sehingga susu soya sendiri mengandung isoflavon.
Selain pada kedelai, isoflavon juga ditemukan pada jenis kacang lainnya seperti kacang tanah dan juga kacang polong.
Isoflavon sendiri sering disebut fitoestrogen, yang memiliki kemampuan layaknya hormon estrogen pada wanita.
Dalam suatu penelitian, kandungan fitoestrogen pada susu soya memberikan pengaruh perkembangan terhadap perkembangan organ payudara pada wanita serta masalah pubertas dini.
Namun secara klinis, para peneliti tidak memiliki bukti pada sistem reproduksi serta sistem endokrin tubuh manusia yang mengkonsumsi susu soya ini.
Penelitian tahun 2008 oleh AAP (American Academic Pediatic) menyimpulkan jika formula soya pada susu aman untuk dikonsumsi bayi, kecuali untuk bayi yang lahir prematur dan bayi dengan gangguan ginjal.
Studi meta analisis serta sistematis tentang susu soya untuk bayi menghasilkan catatan bahwa formula soya pada susu dapat memberikan pengaruh positif sama dengan susu formula sapi.
Dampak positifnya adalah pada pertumbuhan tulang, metabolisme tubuh, sistem endokrin (system hormon pada tubuh), reproduksi, sistem kekebalan tubuh dan fungsi sistem saraf pada anak.
Kajian ilmiah lainnya menyebutkan, isoflavon genistein dan daidzein tersebut dalam bentuk konjugasi dan ternyata susu soya ini aman untuk dikonsumsi bayi.
IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menyatakan jika susu formula yang mengandung soya bisa dikonsumsi bayi dibawah usia 6 bulan dengan petunjuk dari dokter.
Pada tahun 2014, IDAI juga merekomendasikan formula susu soya bagi anak yang alergi susu sapi. Namun jenis susu soya ini bukan susu soya murni atau susu soya untuk orang yang telah dewasa. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang berbeda dan tidak sesuai untuk bayi atau anak – anak. 

Apakah susu soya juga bisa menyebabkan alergi?

Formula susu soya masih bisa menyebabkan alergi terhadap anak. Yakni 10% – 20% bayi mengalami alergi dimana 25% bayi berusia kurang dari 6 bulan serta bayi dengan usia diatas 6 bulan sebanyak 5%.

Merk susu soya yang bagus untuk bayi?

Saat ini, produk susu dengan kandungan soya sudah banyak macamnya. 

Lalu apa saja merk susu soya yang bagus untuk bayi?

Berikut ini beberapa merk susu soya yang bagus untuk bayi :
1. Susu soya BMT

Merk Susu Soya Untuk Bayi Yang Bagus
Susu Soya BMT diproduksi oleh Morinaga. Susu soya BMT ini 100% mengandung soya untuk bayi 0-6 bulan. Susu ini diperuntukan bagi bayi yang alergi terhadap protein susu sapi dan laktosa. Produk susu soya BMT ini juga tanpa laktosa.
Produk susu BMT ini diproduksi dari perusahan yang berada di Jepang. Susu soya BMT bisa menjadi pilihan bagi buah hati bunda.
2. Susu Soya Nutrilon

Susu Soya Nutrilon
Susu Nutrilon Soya merupakan susu formula yang diproduksi Nutricia. Produk susu soya Nutrilon ini diproduksi perusahaan yang berasal dari Belanda. Komposisi utama dari susu Nutrilon Soya adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
3. Susu SGM Eksplor Soya

Susu SGM Eksplor Soya
Produk susu yang satu ini sering diragukan kualitasnya karena harganya yang terlalu murah. Padahal saat ini produk ini dikabarkan sudah menjadi bagian dari Nutricia.
Sebaiknya jangan percaya kata orang lain akan suatu produk yang kurang cocok atau tidak bagus untuk bayi. Hal terpenting adalah kandungan yang ada pada susu tersebut.  Selain itu, apakah bayi bunda cocok ataukah tidak jika mengkonsumsi susu soya untuk bayi bunda sekalian.
Jika bunda takut akan kandungan gula yang membuat bayi terlalu gemuk atau membuat gigi bayi habis, maka sebaiknya ikuti saran dari dokter.
4. Susu Soya S-26 Nursoy

Susu Soya S-26 Nursoy
Perusahaan yang memproduksi susu soya S-26 adalah Wyeth yang merupakan perusahaan farmasi dari Amerika Serikat.
Susu Soya S-26 Nursoy ini direkomendasikan untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu soya untuk bayi ini diperuntukan bagi baby yang alergi protein susu sapi dan laktosa.
Harga susu soya untuk bayi memanglah tidak murah. Namun harga murah dari susu yang mengandung soya juga belum tentu jelek bagi bayi.
Menurut Prof. Dr.dr. Ariyan H dari Fakultas Kedokteran UNAIR Surabaya mengatakan, secara umum susu formula yang beredar dipasaran memiliki kandungan gizi yang sama.
Ini dikarenakan produk susu harus mengikuti panduan standar RDA (Recomendation Dietery Allowance). Standar RDA ini meliputi kandungan kalori, vitamin dan mineral yang harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.
Meski saat ini bunda bisa memberikan susu soya untuk bayi, sebaiknya tetap diusahakan agar ASI ibu tetap lancar dan tercukupi bagi si bayi. Kerena ASI adalah asupan terbaik bagi bayi. Tidak ada yang dapat menggantikan ASI ibu untuk si bayi. Jadi sekali lagi, perjuangkan untuk bisa memproduksi ASI bagi si buah hati secara continue.
Jika diharuskan untuk memberikan susu soya untuk bayi bunda, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.
Demikian pembahasan tentang susu soya dan beberapa merk susu soya untuk buah hati Anda. Semoga bermanfaat bagi bunda sekalian. Jangan lupa berbagi manfaat melalui akun social media bunda sekalian ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Merk Susu Soya Untuk Bayi Yang Bagus Apa Saja?

0 comments:

Posting Komentar